Travel Belitung? Pastikan Anda Pahami Hal-Hal Berikut Ini!
travel belitung

Mendengar kata Belitung pasti Anda tidak asing dari istilah liburan, staycation, maupun adventure trip bersama pemandangan alam yang indah. Penyedia jasa tour and travel Belitung kini banyak berinovasi untuk mengusahakan pengalaman liburan tak terlupakan khusus untuk Anda.

Mengingat adanya anjuran atau ketentuan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu, berikut ringkasan seputar Belitung apabila sudah memutuskan untuk berkunjung ke sana.

Lokasi dan Waktu Terbaik Travelling ke Belitung

Pulau Belitung menjadi bagian dari Provinsi Bangka Belitung. Selain dua pulau besar Bangka dan Belitung, ada banyak pulau di sekitar yang menarik untuk Anda jelajahi selama berada di sana. Daya tariknya terpaut pada pantai dengan banyak batu granit serta pasir putih lembut dan menawan.

Setidaknya, berikut waktu yang tepat sekaligus terbaik untuk mengunjungi Belitung dan menghabiskan sebagian besar waktu liburan di sana:

  • Musim kemarau, tepat di antara bulan April sampai Oktober. Pada musim ini, Anda mendapatkan kesempatan untuk berkeliling dan berpetualang menuju pulau-pulau kecil yang ada di lingkungan Belitung.

Kondisinya memang agak berangin dan mengakibatkan Anda harus menyiapkan perlengkapan serta obat-obatan pribadi supaya tidak mabuk laut atau masuk angin.

  • Pada musim hujan, tepatnya di bulan November hingga Maret dengan situasi angin yang jauh lebih ringan. Namun, perlu diperhatikan bahwa curah hujan lebih tinggi pada sore hari.
  • Bulan Juni dan Juli sebaiknya dihindari karena cenderung ramai akibat liburan sekolah anak-anak. Namun, Anda bisa berangkat bersama anak-anak jika sifatnya liburan keluarga.
  • Lotion atau semprotan anti serangga sangat diperlukan ketika Anda berlibur di musim hujan. Hal ini berdampak pada pencegahan demam berdarah.

Transportasi Untuk Menjangkau Belitung

Umumnya, transportasi yang Anda gunakan untuk travel Belitung juga memberikan perhitungan kasar pada rancangan anggaran dana. Setidaknya, ada dua cara dan moda transportasi yang bisa ditempuh untuk mencapai pulau cantik ini, yaitu:

1.     Jalur udara menggunakan pesawat terbang

Harga tiket pesawat terbang tujuan Belitung mungkin cenderung lebih mahal dibandingkan biaya kebutuhan liburan lainnya. Namun, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa hemat waktu untuk sampai di sana.

Berikut rute yang harus Anda perhatikan jika ingin mencapainya lewat jalur udara:

  • Dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta menuju Bandara H. AS. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan. Dengan perjalanan sekitar 45 menit, Anda bisa menggunakan maskapai Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, hingga Batik Air.
  • Dari Batam ke Pangkal Pinang dengan layanan penerbangan dari Sky Aviation, Lion Air, dan sebagainya.
  • Pangkal Pinang tujuan Tanjung Pandan bersama maskapai penerbangan Lion Air dan Sriwijaya Air.
  • Berangkat dari Palembang menuju Pangkal Pinang selama 45 menit. Layanan terbang disediakan oleh Sriwijaya Air.

2.     Jalur laut bersama feri atau kapal

Jika Anda bertempat tinggal di Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, dan sekitarnya, cobalah untuk berkunjung ke Belitung lewat jalur laut. Kondisi ini mempertimbangkan biaya transportasi yang lebih ekonomis dan terjangkau.

  • Pengunjung yang berangkat dari Lampung atau Jambi berangkat dari Pelabuhan Boom Baru menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. Dengan kapal jetfoil, perjalanan ditempuh sekitar 3 jam. Siapkan kocek di kisaran Rp165.000,00.
  • Apabila pergi dari Pangkalpinang menuju Tanjung Pandan, gunakan layanan dari KM Bahari Express lewat Pelabuhan Pangkalbalam. Harga tiket ekonomi bisa dibeli seharga Rp140.000,00 dan Rp170.000,00 untuk layanan eksekutif.
  • Berangkat dari Pontianak, Jakarta (Tanjung Priok), Jogjakarta, maupun Surabaya menggunakan Kapal Pelni, tepatnya KM Leuser. Tiket berangkat dihargai sekitar Rp121.000,00.

Transportasi Saat Travel Belitung

Selain memperkirakan kebutuhan transportasi untuk menuju ke Belitung, kini saatnya mempertimbangkan moda perpindahan yang dibutuhkan ketika ingin berkeliling di sana. Salah satu transportasi resmi yang bisa dinaiki adalah Street Taxi Belitung dengan menyesuaikan argo.

Apabila ingin menggunakan taksi sesaat setelah sampai di bandara, lakukan reservasi terlebih dahulu. Keuntungannya Street Taxi Belitung tiga kali lebih murah dibandingkan taksi bandara.

Sedangkan, jika ingin menyusuri pulau-pulau kecil di sekitar Belitung, penyewaan perahu bisa dihargai sekitar Rp450.000. Disarankan memesan perahu secara langsung supaya Anda mendapatkan harga jauh di bawah penawaran hotel Travelling ke Belitung.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu melalui jalan darat, penyewaan mobil dan motor juga tersedia bagi para turis atau wisatawan dari mana saja. Dengan berbagai tipe motor, Anda sudah bisa menyewanya mulai dari Rp75.000,00 per hari.

Untuk mobil, siapkan kocek minimal Rp200.000,00 supaya lebih mudah berkeliling pulau bersama keluarga atau teman secara beramai-ramai. Anda juga bisa request tambahan supir dan bensin dengan anggaran mulai dari Rp400.000,00.

Ketentuan Lain yang Perlu Diperhatikan

Selama berada di Belitung, masih ada beberapa hal penting yang harus Anda patuhi demi kunjungan wisata terbaik dan tidak merugikan lingkungan sekitar. Berikut ini perilaku dan ketentuan wajar yang harus selalu diingat:

1.     Jangan membuang sampah sembarangan

Mungkin Anda sudah paham betul dan tidak perlu diingatkan kembali untuk melaksanakan tugas yang satu ini. Namun, tidak ada salahnya bila bertujuan positif dan mampu menumbuhkan kesadaran Anda supaya tidak berdampak buruk bagi kebersihan sekitar Travelling ke Belitung.

Belitung sendiri juga mendukung kebiasaan ini dalam bentuk penyediaan tempat sampah hampir di seluruh tempat yang banyak didatangi wisatawan. Meskipun pulaunya kecil dan tidak berpenduduk, tentu lebih baik Anda mampu menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

2.     Hindari menyentuh terumbu karang

Sebagai rumah dari makhluk-makhluk laut, tentu terumbu karang harus dilestarikan dengan baik. Jika ingin mengabadikannya, lebih baik potret dengan kamera dan jangan berusaha untuk membawanya pulang. Hal tersebut akan merusak ekosistem habitat terumbu karang tour belitung murah.

Meskipun memang cantik dan membuat Anda terpana, nyatanya terumbu karang membutuhkan waktu yang lama untuk bertumbuh sempurna. Sangat disayangkan jika nantinya ada sanksi atau peringatan tersendiri akibat melanggar aturan ini.

3.     Jangan membawa hewan keluar dari laut

Selain alam dan bangunan simbolis lainnya, biota laut adalah aset penting dari Belitung. Diharapkan setiap bagian dari kekayaan ini tidak dirusak atau mendapatkan tindak kelalaian yang merugikan bagi kelangsungan tempat wisatanya.

Sah-sah saja kalau Anda berfoto bersama hewan laut jika kebetulan sedang diving, snorkeling, atau sekadar bermain di sepanjang pantai. Namun, membawanya secara ilegal adalah perbuatan tidak terpuji sebagai seorang pendatang atau wisatawan.

4.     Siapkan GPS atau peta jika berkeliling sendirian tanpa guide

Tidak semua orang memutuskan untuk memakai jasa travel Belitung untuk menghabiskan waktu berlibur di sana. Ada yang berkeinginan melakukan eksplorasi secara mandiri. Untuk itu, diperlukan kemampuan dan alat bantu berupa GPS atau peta Pulau Belitung.

Selain itu, keperluan penunjuk arah modern ini berkaitan dengan minimnya penunjuk arah yang ada di Belitung. Anda bisa mengelilingi pulau lebih mudah dan efisien tour belitung.

 

Berkunjung dan menikmati pesona yang alami dari Belitung tentu terasa lengkap jika Anda mampu melakukan persiapan yang matang. Berbagai kebutuhan travel Belitung perlu Anda ketahui supaya tidak merasa kaget dan lebih memahami ketentuan yang harus dipatuhi setiap wisatawan.

travel belitung

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Tinggalkan Balasan